Sabtu, 18 Januari 2014

10 LANGKAH BAIK DALAM MEMBUAT SEBUAH GAME


hai teman-teman pada kali ini saya akan membagikan tentang cara-cara membuat game dan aplikasi apa yang harus kita miliki.


Mungkin anda pernah berpikir,"Saya ingin belajar membuat game,dan ingin menjadi seorang game maker yang seperti di luar negeri". Ya..,sebenarnya impian anda itu bisa terwujudkan apabila kamu sering mencoba membuat game versi freeware dengan fitur-fitur yang baru kamu kenal pada game engine yang kamu punya dan juga belajar dari orang lain yang pastinya.
 software game maker yang bernama RPG Maker XP,banyak sih orang-orang yang membuat game dengan software ini,namun memiliki jauh perbedaan antara dengan game bikinan saya,yaitu terletak pada fitur yang tersedia pada gamenya. Bukan hanya RPG Maker XP saja yang saya pakai untuk membuat sebuah game RPG (Role Playing Game/Game bermain peran),terkadang kalau anda harus gunakan sedikit software Visual Basic untuk membuat sebuah Launcher/Patcher juga Autorun dalam menu perinstallan game bikinan kalian  ini.
How to create a game?,sekarang saya akan beritahu sedikit tips dalam langkah membuat sebuah game,agar sewaktu-waktu game yang kamu buat itu bisa berhasil dan sukses.
Langkah-langkahnya:
1. SPESIFIKASI PC
Sebelum anda membuat sebuah game,ada kala baiknya jika anda harus memperhatikan spesifikasi PC yang akan anda jadikan sebagai "Game Maker PC". Masalahnya sekarang untuk membuat game 3D saja minimal harus memiliki spesifikasi CPU minimal 1.60 - 2.00 GHz juga RAM minimal 512 MB dan harddisk minimal harus 3 GB yang tersisa. Namun apabila anda tidak memiliki spesifikasi komputer yang seperti itu,ada kok game maker yang hanya membutuhkan spesifikasi
rendah/bawahan. Contohnya: Game Maker 7,MUGEN Fighting Game Engine,RPG Maker XP,RPG Maker VX,dan lain sebagainya. Software yang seperti itu hanya membutuhkan spesifikasi CPU minimal 800 MHz juga RAM minimal 128 MB.
2. PASTIKAN PC ANDA BEBAS DARI VIRUS
Ini penting sekali untuk diperhatikan. Pasalnya dijaman sekarang virus yang menyerang dan menginfeksi file .exe telah banyak dimana-mana (seperti:Sality.AE,W32/Virut,Alman,MiNi_SaLiTy,dan Flu Kucing.vbs). Tidak seperti dulu yang suka menyerang file .doc dengan membuat kembarannya dengan berekstensi .exe (EXEcutable). Jadi,pastikan PC anda benar-benar bersih dari virus kalau bisa selalu update terus anti-virus di PC anda. Supaya tidak tertular ke PC orang lain apabila orang lain membeli atau mengunduh game hasil buatan anda.
3. MENGATUR SPESIFIKASI UNTUK GAME
Semua game yang dibuat dengan software game maker yang telah memiliki spesifikasi tersendiri tidak dapat diatur-atur lagi. Ini dikarenakan oleh Base Spesification yang telah disediakan pada game maker ini. Contohnya apabila game bikinan anda terbuat dari RPG Maker XP maka anda tidak dapat mengubah spesifikasi yang telah disediakan oleh RPG Maker XP tersebut. Jadi kalau RPG Maker XP membutuhkan RAM minimal 128 MB maka game dari hasil yang anda buat cuma hanya membutuhkan RAM minimal 128 MB saja.
4. MEMILIH GAME MAKER
Ini yang paling penting dalam membuat sebuah game. Jenis game apa yang akan anda buat?,apakah berupa RPG,Fighting,Puzzle,Adventure,atau Dance. Juga sejenis linlensi game apa yang akan anda buat GPL apa Non-GPL. Kalau GPL,game yang kamu hasilkan itu adalah menghasilkan game freeware tidak bisa menjadi game shareware atau purchase. Apabila Non-GPL game yang kamu hasilkan itu adalah game shareware juga purchase,jadi artinya kamu dapat menjual game ini secara bebas tanpa meniru isi material yang ada pada game maker yang telah dibuat oleh perusahaan game makernya,karena ini termasuk pada HAKI (Hak Asasi Karya Inteklektual) juga Hak Cipta. Untuk jenis game apa yang akan anda buat,saya akan berikan sedikit contoh game maker untuk membuat game bikinan anda:
- RPG Maker XP atau RPG Maker VX: Untuk membuat game RPG Offline
- MUGEN Fighting Game Engine     : Untuk membuat game bertengkar offline
- RPG Maker Online                           : Untuk membuat game RPG Online
- Game Maker 7                                   : Untuk membuat game 2D sederhana.
- RPG Studio                                         : Sama seperti RPG Maker tetapi grafiknya 3 Dimensi.
- Microsoft Visual C++                        : Untuk membuat game dengan coding bahasa pemograman.
Masih banyak lagi apabila anda ingin mencari software game maker bisa dicari disini.
5. REKAN-REKAN DALAM MEMBUAT GAME
Ini perlu perhatikan,untuk membuat game yang sangat bagus seperti game punya luar negeri banyak membutuhkan orang-orang untuk membantu dalam membuat game. Biasanya dibuat dalam sebuah team yang dijadikan sebagai team development game. Untuk membuat sebuah game yang bagus seperti punya luar negeri biasanya membutuhkan team yang terdiri puluhan orang. Bisa 20 orang hingga 90 orang (biasanya kebanyakan terdapat pada testernya juga rekan yang terlibat). Namun apabila anda ingin membuat game yang sangat sederhana,anda sendiri dapat melakukannya jika game tersebut berjeniskan freeware.
6. JUDUL DAN JALAN CERITA PADA GAME
Anda pengen bikin game karena anda juga punya judul dan jalan cerita yang akan anda buat dalam game bukan?. Perlu perhatikan membuat cerita game itu memang mudah,namun menjelmakan kedalam game maker tersebut memang pekerjaan yang susah. Jadi sebelum anda membuat game perlu sebaiknya anda belajar terlebih dahulu untuk membuat sebuah game kecil-kecilan. Karena membuat game itu sama dengan membuat sebuah software dengan menggunakan bahasa BASIC,hanya bisa diterima dengan logika.
7. MEMPERSIAPKAN BAHAN UNTUK MEMBUAT MATERIAL
Untuk membuat sebuah game,tentunya ada persipan untuk membuat material pada game (seperti: Char,BGM "Background Music",SE "Sound Effect",latar tempat,dan lain sebagainya). Namun sebelumnya itu saya bertanya dulu,grafik gamenya apa? 2 Dimensi apa 3 Dimensi?. Kalau 2D yang anda butuhkan cuma software untuk edit gambar seperti: Photoshop,Paint Shop Pro,atau Corel Draw. Atau anda sendiri bisa membuat char pemain dengan cara membuatnya diatas kertas lalu discan dengan scanner lalu diedit atau juga membuat dengan papan scan gambar (scan tablet). Apabila grafiknya 3D yang hanya anda butuhkan hanya software 3D Grafik Maker seperti: 3Ds Max atau Maya. Namun kebanyakan orang-orang membuat game dengan grafik 3D karena dialasankan model game jaman sekarang atau kemudahan dalam membuat grafik pada game.
8. MEMBUAT GAME
Semua game maker memiliki mode interface (tampilan) yang berbeda. Juga cara langkah pertama untuk membuat game. Apabila anda menggunakan RPG Maker XP,biasanya yang pertama anda lakukan adalah membuat judul atau nama game,ini diharus isi untuk menampilkan jendela caption juga taskbar pada game bikinan anda. Lalu selanjutnya anda juga disuruh membuat folder game bikinan anda. Setelah itu,yang pertama kali anda lakukan adalah membuat karakter,namun sebelumnya jika anda baru belajar membuat game anda kala baiknya anda membuat game freeware dengan bahan material yang sudah tersedia dari RPG Maker XP. Apabila anda sudah mahir dalam hal ini,maka tidak perlu lagi untuk belajar. Di dalam RPG Maker XP,anda dapat membuat grafik karakter hasil bikinan anda sediri dengan software untuk desain grafis (seperti: Photoshop,Paint Shop Pro,atau anda dapat menggunakan 3Ds Max agar hasil tampilannya karakternya lebih bagus).Tapi apabila anda menggunakan MUGEN,maka yang pertama kali anda lakukan adalah membuat karakter dengan style berdiri. Dan setelah itu anda diminta untuk membuat file yang berekstensi .def pada game maker tersebut (biasanya tutorialnya terdapat pada paket game maker MUGEN). Apabila anda sudah selesai membuat karakter dengan style berdiri,anda akan membuat karakter yang sama dengan sebelumnya dengan style menyerang (biasanya mirip seperti membuat film kartun) dan seterusnya.
Apabila anda sudah selesai dalam menyelesaikan bagian desain grafis,nah disini anda akan belajar mengubah sedikit skrip,juga membuat event (biasanya terdapat pada RPG Maker XP juga RPG Maker VX). Membuat skrip dan event merupakan pekerjaan yang sulit,jadi sering-sering belajar dari orang lain dan juga berlatih.
Apabila sudah selesai dibagian skrip dan event,saatnya anda membuat audio juga video (jika perlu) pada game bikinan anda. Pada umumnya game maker yang bersifat sederhana umumnya hanya membutuhkan file audio yang berekstensi .mid (MIDI),.mp3 (MPEG Layer3),atau .ogg (Vorbis),namun pada game-game untuk kelas atas biasanya anda dapat membuat ekstensi sendiri seperti: .abm (Audition Music Background),.ojm (O2Jam Music),dan lain sebagainya. Jika sudah selesai semuanya tiba saatnya memasukan file-file game yang anda buat kedalam folder yang telah disediakan oleh game maker tersebut.
9. MEMBUAT PAKET INSTALLER
Penting sekali apabila game bikinan anda telah jadi. Selanjutnya anda harus membuat paket installer. Supaya orang-orang yang mencoba game bikinan anda mudah melakukan pemasangan game hasil bikinan anda. Untuk membuat installer tentunya anda harus memiliki softwarenya,seperti
Installer Creator,InstallShield,MSI Maker,Create Installer. Namun apabila anda ingin membuat installer secara sederhana gunakan saja fasilitas SFX Creator pada software WinRAR,atau anda sudah pintar dalam membuat installer dengan visual basic?,boleh kok boleh. Tapi apabila anda khawatir jika file installer anda akan diserang virus saat melakukan upload file diwarnet (jika diwarnetnya ada virus semacam Flu_Kucing.vbs atau Sality.AE) anda dapat mengkemas file installer tersebut dengan file yang berformat .7z atau .iso,kenapa tidak .zip atau .rar saja?,karena hal ini disebabkan oleh tentang virus MiNi_SaLiTy yang katanya bisa menginfeksi file exe,msi,rar,zip,juga scr. Bagaimana caranya membuat kemasan 7z atau iso? Anda bisa gunakan fasilitas 7zip juga MagicISO Maker atau Daemon untuk membuat kemasan tersebut.
10. MEMPUBLIKASIKAN GAME HASIL CIPTAAN ANDA
Jika sudah 9 langkah yang anda lalui kini saatnya anda untuk mempublikasikan game hasil ciptaan anda. Anda bisa mempublikasikan game hasil ciptaan anda melalui CD Installer atau juga melalui koneksi unggah (contohnya unggah ke Indowebster,4 Shared,atau Raphidshare).
Nah,hanya itu yang dapat saya berikan 10 langkah baik dalam membuat sebuah game. Jika ada kekurangan kata saya mohon maaf,karena saya adalah manusia yang tak luput dari salah.

0 komentar:

Posting Komentar

Moh Nabil L.D © 2008 Template by:
SkinCorner